blog-img
23/04/2021

LAPORAN KEPALA SMAIM PADA WISUDA ANGKATAN 1

Arif Saripudin | Kemuhammadiyahan

SAMBUTAN

KEPALA SEKOLAH SMAIM

 

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Yang kami Hormati :

  1. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur ( K.H.Suyatman )
  2. Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Kota Samarinda ( K.H. Masyumi )
  3. Pimpinan Pondok Pesantren Istiqamah ( K.H. Jaswadi )
  4. Pimpinan Cabang Muhammadiyang Samarinda Utara
  5. Pimpinan ‘Aisyiah Kalimantan Timur
  6. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Kota samarinda
  7. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Samarinda Utara
  8. Para Alim Ulama dan tokoh Muhammadiyah, Para donatur yang hadir pada kesempatan hari ini.
  9. Yang Kami hormati Seluruh undangan Hadirin dan Hadirat dan seluruh wali santri yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Yang pertama kami mengucapkan banyak terimakasih kepada ustadz dan ustadzah serta seluruh pembina, Musyrif wa Musyrifah  Pondok  Pesantren Istiqamah yang siang malam selalu siap siaga mendidik, mengarahkan bahkan mereka siap  hadir kapanpun mereka butuhkan. Wajib bagi saya menyampaikan di forum yang mulia ini sebuah kata al hamdulillah wajazaakumullah ‘ala husni ri’aayatatikum ide, pikiran, wawasan dan gagasan sehingga pada akhirnya semua jerih payah pendidikan ini kepada Allah SWT.

 

Yang kedua : Walaupun suasana dan prilaku manusia tidak seperti  biasa dan masih tingginya Pandemi Covid 19  pada  khususnya, mari kita sama-sama untuk selalu menjaga kesehatan diri, melaksanakan prokes yang terkadang pengap juga menggunakan masker tipa hari.

 

Yang Ketiga : Kami ingin melaporkan Perkembangan SMAIM Secara Keseluruhan bahwa atas dukungan semua pihak, tentu dengan izin Allah SWT. SMA Istiqamah Muhamamdiyah Boarding School ,Al Hamdulillah sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat kalimantan timur , ini membuktikan kebesaran Allah Melalui Muhammadiyah.

Keempat  :  Adapun jumlah santri dari tahun ketahun mengalami peningktan ke arah yang positif dan jumlah 3 tahun terakhir ini  sebanyak 79 orang semoga mereka mejadi kader umat dimasa yang akan datang sebagaimana tema pada kesempatan ini “ Mewujudkan Kader Persyarikatan , ulama Intektual yang unggul dan modern “. adapun untuk tahun ajaran 2021-2022  inden sudah mendaftar resmi  40 orang dan masih proses pendaftaran semoga mencapai target minimal 2 kelas dan maksimal 136 setiap kelas berjumlah 34 orang. Jadi tahun ajaran baru santri SMA ini Istiqamah Muhamamdiyah Tingkat  berjumlah 200 Santri insyaallah.

Yang menariknya adalah kelas dan asrama belum ada :

  1. Untuk Kampus putri Mudah-mudahan Pak Yusan sebagai Pewakaf Kampus putri di sungai siring beserta gedung dan isinya bisa menyediakan 200 Bed tempat tidur dan kelas ( Amin Ya Robbal ‘alamin ) yang keras nya aminnya inggih ... biar PaK Yusan dan Ibu Yusan semakin semangat ... dan kita do’akan semoga di berikan kesehatan dan keberkahan.
  2. Untuk Kampus Putra saya serahkan pada Al Ustadz Amir , Pak Agus Suher , Pak Mariman , Dan H. Hifni Syarkawi untuk membangunkan minimal 5 lokal untuk ruang belajar dan ruang untuk berlindung dari panasnya serta teriknya matahari dan hujan.

Yang Kelima : Bagi bapak ibu yang ingin berwakaf , kami sedang membangun satu lokal kelas namun dananya kurang juga, kalau jumlahnya tidak banyak sebesar 60 juta saja, walaupun demikian bagi yang tidak punya uang tetap saja susah, mudah-mudahan setelah laporan saya ini ada yang menghampiri saya belikan semen , cat dan lain-lain.

Ke-Enam : Nasihat kepada para santri dan anak-anakku sekalian nasihatnya tidak banyak

  1. Bertaqwalah kepada Allah dimanapun anda berada karena taqwa adalah wasiat  para nabi dan rasul kepada umatnya. Jika kita bertaqwa maka Allah akan memudahkan segala urusan baik dunia maupun akhirat, kisahnya nabi Musa as yang sudah terdesak dari kepungan fir’aun dan tentaranya lalu kemudian Allah menolong orang yang bertaqwa dari jalan yang tidak pernah mereka ketahui sebeumnya.
  2. Berpegang teguhlah pada tali agama Allah SWT dimanapun anda berada, berdakwah tidak keras, berhati-hati dalam pergaulan di kampus semoga Allah menjaga kalian semua.
  3. Jagalah sholat niscaya ia akan menjaga dan mencegah dari perbuatan keji dan kemungkaran, karena ruhnya umat umat islam adalah sholat, perbedaan antara orang beriman dan kafir, jarak keduanya adalah sholat.
  4. Bersabar : saya selalu menyampaikan lebih baik kita bersabar dalam mencari ilmu di pondok ini sejenak dari pada kita menderita seumur hidup dalam kebodohan, senada dengan syairnya al imam as syafi’i rohimakumullah :
  5. Teruslah belajar,

Al-Imam asy-Syafi’i berkata dalam syairnya:

 

“Berdiam diri, stagnan, dan menetap di tempat mukim, sejatinya bukanlah peristirahatan bagi mereka pemilik akal dan adab, maka berkelanalah, tinggalkan negerimu (demi menuntut ilmu dan kemuliaan)

 

Safarlah, engkau akan menemukan pengganti orang-orang yang engkau tinggalkan. Berpeluhlah engkau dalam usaha dan upaya, karena lezatnya kehidupan baru terasa setelah engkau merasakan payah dan peluh dalam bekerja dan berusaha.

 

Sungguh aku melihat, air yang tergenang dalam diamnya, justru akan tercemar lalu Bau. Jika saja air tersebut mengalir, tentu ia akan terasa lezat menyegarkan. Tidak demikian jika ia tidak bergerak mengalir.

 

Sekawanan singa, andai tidak meninggalkan sarangnya, niscaya kebuasannya tidak lagi terasah, ia pun akan mati karena lapar. Anak panah, andai tidak melesat meninggalkan busurnya, maka jangan pernah bermimpi akan mengenai sasaran.

 

Sang surya, andai selalu terpaku di ufuk, niscaya ia akan dicela oleh segenap ras manusia, dari ras arabia, tidak terkecuali selain mereka.

 

Dan bijih emas yang masih terkubur di bebatuan, hanyalah sebongkah batu tak berharga, yang terbengkalai di tempat asalnya. Demikian halnya dengan gaharu di belantara hutan, hanya sebatang kayu, sama seperti kayu biasa lainnya.

 

Andai saja gaharu tersebut keluar dari belantara hutan, ia adalah parfum maka yang bernilai tinggi. Dan andai kata bijih  batu itu keluar dari tempatnya, ia akan menjadi emas yang berharga.

Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan, oleh karenanya bertemulah kerena Allah , cintailah sesuatu Karena Allah , dan berpisahlah karena Allah ... insyaallah kita tidak akan pernah kecewa terhadap apa yang telah Allah tetapkan pada kita semua.

Yang Paling akhir : Ucapan setinggi-tingginya Kepada seluruh wali santri, saya atas nama pribadi dan seluruh ustadz dan ustadzah mengucapkan Jazaakumullahu khaeron jazaa, yang telah mempercayakan putra-putrinya di sekolah yang kami pimpin, jika banyak hal-hal yang kurang berkenan mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga pengorbanan bapak ibu baik tenaga, biaya, jiwa dan raga , semoga tercatat sebagai amal kebajikan dan bisa mempertemukan kita di syurganya Allah swt.

Demikianlah laporan sekaligus unek-unek kepada hadirin semua, jika ada kata yang kurang berkenan mohon maaf sebesar-besarnya,  semoga Allah SWT. Selalu menjaga diri kita, keluarga kita, serta turunya keberkahan kepada kita semua ( Amiin ya Robbal ‘alamin ).

 

“Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak pernah merasakan puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.”

 

 

Samarinda 12 April 2021 / 29 Sya’ban 1441 H

An. Kepala Sekolah

 

Arip Saripudin S.Pd.I, M.A

Bagikan Ke: